contoh makalah LAPORAN HASIL DISKUSI
LAPORAN HASIL DISKUSI
MAKALAH
OLEH
AYU FITRIAH MAGFIRA
NIS 414177
KELAS XII.ILMU ALAM-2
DINAS
PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KABUPATEN
BANTAENG
2016
KATA PENGANTAR
Puji syukurkita panjatkan kehadirat Allah
Swt., karena atas limpahan rahmat-Nya, sehingga penulis masih diberikan
kesehatan dan kesempatan untuk menyelesaikan makalah Bahasa Indonesia ini . tak lupa pula kita kirimkan shalawat
serta salam kepada nabi junjungan kita Muhammad Saw. Makalah ini berjudul “Laporan Hasil Diskusi”.
Penulis menyadari bahwa dalam
menyelesaikan makalah ini peulis mengalami banyak hambatan dan kesulitan. Hal
ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dan referensi atau acuan yang digunakan
penulis. Selain itu, penulis menyadari makalah ini tidak dapat terselesaikan
tanpa bantuan dari guru pembimbing, orang tua serta teman teman.
Ucapan terimakasih penulis kepada
guru pembimbing yang telah membina penulis dalam pembuatan makalah ini. Orang
tua yang memberikan sumbangan berupa materi, serta kepada teman teman yang
telah memberi dorongan.
Penulis menyadari bahwa dalam
makalah ini masih terdapat banyak kekurangan didalamnya, oleh karena itu
penulis meminta saran dan kritikannya supaya dalam menyelesaikan makalah
selanjutnya dapat lebih baik lagi.
Bantaeng,
27 September 2016
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB 1 PENDAHULUAN 1
A.
Latar belakang 1
B.
Rumusan masalah 1
C.
Tujuan penulisan 1
D.
Manfaat penulisan 1
BAB II PEMBAHASAN 3
A.
Pengertian laporan hasil diskusi 3
B.
Unsur- unsur dalam laporan hasil diskusi 3
C.
Contoh penulisan laporan hasil diskusi 4
BAB III PENUTUP 10
A.
Simpulan 10
B.
Saran 10
DAFTAR PUSTAKA 11
BAB 1
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Bahasa adalah hal utama yang harus
dipelajari oleh kalangan anak-anak, remaja, maupun orang dewasa harus mengerti
baik itu secara tertulis maupun secara lisan. sebuah tulisan baik itu buku,
jurnal, artikel dan bacaan lainnya, kita akan menemukan wacana atau bacaan.
dalam belajar bahasa kita biasanya menemukan atau belajar berdiskusi. Laporan
hasil diskusi disampaikan dalam bentuk tertulis agar lebih jelas, lengkap, dan
koherensif. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pihak penerima laporan dalam
menangkap kandungan pokok laporan.
B.
Rumusan masalah
1.
Apa pengertian laporan hasil diskusi?
2.
Unsur- unsur apa saja yang perlu diperhatikan dalam penulisan
laporan hasil diskusi?
3.
Bagaimana cara penulisan hasil diskusi?
C.
Tujuan penulisan
1.
Untuk mengetahui pengertian laporan hasil diskusi
2.
Untuk mengetahui unsur – unsur dalam penulisan laporan hasil
diskusi
3.
Untuk mengetahui cara penulisan laporan hasil diskusi
D.
Manfaat penulisan
1. Memberikan informasi kepada masyarakat
khususnya pelajar dalam menulis
cerpen berdasarkan kehidupan orang lain.
2. Untuk dijadikan sebagai bahan
dokumentasi sekolah.
3. Untuk dijadikan sebagai bahan referensi
atau ajuan
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN LAPORAN HASIL DISKUSI
Laporan hasil
diskusi adalah suatu kegiatan yang didalamnya ada pembicara, moderator, dan
notalis. Pembicara adalah orang yang menyampaikan dan membahas topik
permasalahan yang didiskusikan. Moderator adalah orang yang mengatur jalannya
diskusi. Notulis adalah orang yang bertugas untuk membuat notula ( catatan
rapat atau hasil diskusi).
B.
UNSUR UNSUR DALAM LAPORAN HASIL DISKUSI
a.
Pendahuluan, yang terdiri atas :
1.
Latar belakang pelaksanaan diskusi
2.
Tujuan diskusi
3.
Langkah langkah persiapan
b.
Uraian pelaksanaan
1.
Tempat dan waktu
2.
Peserta
3.
Prosesi jalannya diskusi
4.
Rumusan hasil diskusi
c.
Penutup, yang terdiri atas :
1.
Kesimpulan
2.
Saran saran
d.
Lampiran
C.
CONTOH PENULISAN LAPORAN HASIL DISKUSI
LAPORAN
KEGIATAN DISKUSI
TEMA
:
SOLUSI PENCEMARAN LINGKUNGAN AKIBAT
LIMBAH RUMAH TANGGGA
Diselenggarakan oleh :
Mahasiswa pencipta Alam FKIP Universitas Sebelas maret Surakarta
1 Juni 2007
BAB 1 PENDAHULUAN
A.
Latar belakang pelaksanaan Diskusi
Perkembangan
iptek diberbagai bidang membuat perubahan diberbagai sektor kehidupan,
khususnya lingkungan dan tatanan kehidupan, peradaban manusia, serta nilai
nilai budaya bangsa Indonesia. Perubahan tersebut berimbas pula pada masalah
masalah lingkungan baik skala besar maupun skala kecil, seperti rumah tangga.
Di Indonesia,
pencemaran lingkungan sudah menjadi masalah yang besar sehingga mengakibatkan
terjadinya polusi dan perubahan nilai nilai kehidupan dalam masyarakat
khususnya untuk sadar kebersihan lingkungannya. Pola kehidupan masyarakat kita
sedang berubah dan bergerak dari agraris menuju masyarakat industrial, dari
tradisional statis menuju modern dinamis, dari nilai lokas daerah menuju nilai
global universal, dari peragaman menuju keberagaman, dari satu menuju serba
nilai.
Fenomena
fenomena perubahan transformasi sosial budaya dan lingkungan tersebut diatas
tidak dapat dihindarkan lagi.merujuk fenomena-fenomena di atas, maka dalam
rangka memperingati hari Bumi se-Dunia tanggal 1 Juni, Mahasiswa Pencinta Alam
FKIP UNSbekerja sama dengan Pusat Studio Lingkungan Hidup, menyelenggarakan
diskusi ini diharapkan dapat menjadi
media ekspresi, dan berkolaborasi antara masyarakat Pencinta,pemerhati, dan ahli lingkungan untuk
memadukan aneka pemikiran dalam upaya mewujudkan solusi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh
sampah rumah tangga.
B.
TEMA
1.
Ada apa dengan limbah rumah tangga?
2.
Pemanfaatan teknologi dalam mengolah limbah rumah tangga.
3.
Penanganan limbah rumah tangga yang efektif.
4.
Pemasyarakatan teknik pengelolaan limbah rumah tangga.
5.
Rumah tangga dan penganangannya.
6.
Peran media cetak dalam permasyarakatan sadarlingkungan dan solusi
penanganan limbah rumah tangga.
C.
TUJUAN
1.
Menghimpun gagasan , pikiran, pendapat mengenai solusi pencemaran
lingkungan akibat limbah rumah tangga serta impilkasinya terhadap kesehatan
lingkungan.
2.
Memperoleh informasi aktual mengenai pengelolaan limbah rumah
tangga dari pencinta,pemerhati,dan lingkungan.
3.
Memperoleh masukan yang dapat dipertimbangkan dalam pengambilan
kebijakan agar penanganan limbah rumah
tanggalebih efektif.
D.
Manfaat Diskusi
Diskusi ini diharapkan
dapat diperoleh hasil yang efektif dari para ahli lingkungan dalam pengelolaan
limbah rumah tangga yang sering mengakibatkan pencemaran lingkungan.
BAB II PELAKSANAAN DAN HASIL DISKUSI
A.
Pelaksanaan
1 . Topik Diskusi dan Pembicaraan
Dalam diskusi ini ditampilkan pembicara utama berikut.
a.
Mr. John Custer (SIL-Internasional-Indonesia)
“Solusi Efektif Penangganan Lmbah Rumah Tangga”
“Solusi Efektif Penangganan Lmbah Rumah Tangga”
b.
Dr. Rer.nat. Sadjidan, M.Si. (Ketua Prode Biologi Pancasarjana UNS) “Pengolahan Limbah
Rumah Tangga dalam Perspektif Lingkungan Hidup”
c.
Drs. Sugiarto. M.Si.,M.Si (Dosen Lingkungan Hidup Pascasarjana UNS)
“Implementasi Teknik dan Strategi penanganan Limbah Rumah Tangga di Masyarakat”
2.
Peserta
1.
Guru IPS dan Biologo SMP dan SMA
2.
Kepalah Sekolah SMP dan SMA
3.
Mahasiswa S-1, S-2, dan S-3 Geografi,Biologi, dan Kehutanan
4.
Dosen Geografi, Biolago dan Kehutanan
5.
Pemerhati Lingkungan Hidup
6.
Peneliti dan Praktisi Lingkungan Hidup
7.
Mahasiswa Pencinta Alam
3.
Waktu dan Tempat
Diskusi
ini dilaksanakan di Aula FKIP Unipersitas Sebelah Maret Surakarta,Jl.Ir. Sutama
NO. 36 A pada 1 Juni 2007 Pukul 08.00 sd
16.00 WIB
4.
Penyelenggara
Mahasiswa
Pencinta Alam FKIP Universitas sebelah Maret Sukarta
B.
Hasil Diskusi
1.
Peserta
Peserta
dalam diskusi tanggal 1 Juni 2007 telah memenuhi target karena diikuti oleh
sekitar 250 peserta. Padahal target semula ditargetkan hanya 150 peserta. Oleh
karena itu, diskusi ini dianggap telah mencapain target.
2.
Pelaksanaan Diskusi
Diskusi
ini dibuka oleh Pembantu Dekan Tiga FKIP Universitas Sebelah Maret , Drs. Amir
Fuady, M.PD. Pelaksanaan diskusi sangat menarik dan apresiatif, baik dari
pembicara dan peserta.
3.
Kendala-kendala
Ada
sedikit kendala terkait dengan LCD, akan tetapi dapat diatasi dengan baik.
BAB III PENUTUP
A.
Simpulan
Kesimpulan dari kegiatan diskusi ini telah dilaksanakan dengan baik
dan lancar. Simpulan diskusi ini adalah bahwa limbah rumah tangga harus
dikelola secara baik dengan memanfaatkan teknologi sederhana.
B.
Saran
Berdasarkan hasil diskusi selanjutnya, disarankan bahwa :
1.
Diperlukan diskusi lebih lanjut dengan mendatangkat berbagai pihak
untuk memperoleh hasil pemikiran yang lebih luas;
2.
Dilakukan persiapan yang lebihmaksimal.
Demikian
laporan kegiatan diskusi. Semoga bermanfaat dan segala kekurangan dan kelemahan dalam kegiatan
inidiharapkan menjadi pengalaman Yang
berharga untuk kegiatan selanjutnya.
Surakarta, 5 Juli 2007
Ketua
Panitia,
Ttd.
M. Yumi Arridhwan Adiputra
NIM
K12006009
BAB
III
PENUTUP
A.
Simpulan
1.
Laporan hasil diskusi adalah suatu kegiatan yang didalamnya
terdapat pembicara, moderator, dan notula.
2.
Dalam menulis laporan hasil diskusi adalah salah satu tugas seorang
notulis. laporan yang disampaikan harus dapat menyajikan fakta secara objektif
tentang keadaan atau kegiatan yang telah dilaksanakan.
B.
Saran
1.
Karena keterbatasan buku-buku referensi yang penulis gunakan,
makalah ini belum begitu sempurna. Dengan kendala itulah kami menyarankan
kepada pemerintah agar memperbanyak buku-buku bahasa indonesia di
perpustakaan-perpustakaan.
2.
Penulis juga menyarankan
kepada guru-guru untuk memperbanyak pengetahuan mengenai laporan hasil
diskusi sehingga dapa mengajarkan kepada
siswa siswanya mengenai penulisan
tentang laporan hasil diskusi
3.
Selanjutnya, kami juga menyarankan kapada siswa siswi untuk lebih
mengetahui tentang tata cara penulisan laporan hasil diskusi yang baik dan
benar agar didalam siswa atau siswi tidak ada lagi siswa siswi yang
tidakmengetahui tentang laporan hasil diskusi.
DAFTAR PUSTAKA
Marsudi demas, dkk. 2009.
Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Pusat
Perbuatan
Departemen Pendidikan Nasional.
Marfuksi, dkk. 2007. Kompeten
Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlanggab
Kosasi, Engkos. 2008. Cerdas
Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Komentar
Posting Komentar