hasil wawancara/observasi toko elektronik

Laporan Hasil Wawancara dan Observasi
Wirausaha di Bidang alat Komunikasi


DISUSUN OLEH :
NAMA : AYU FITRIAH MAGFIRA
NIS : 414177
KELAS : X.6

SMA NEGERI 2 BANTAENG
2014-2015


Kata Pengantar

Alhamdulillah, segala puji kepada Allah SWT. karena telah memberikan kesehatan dan kesempatan untuk kita semua, sehingga makalah ini dapat terselesaikan dalam waktu yang telah ditetapkan
Kami sangat berharap agar makalah yang berisikan hasil wawancara dan observasi wirausaha di bidang alat komunikasi dapat berguna untuk kita semua dan untuk generasi-generasi yang akan datang.  Kritak dan saran dari pembaca pun kami harapkan agar dapat melangkapi kekurangan-kekurangan dalam makalah ini observasi ini.
Demikian yang dapat kami ungkapkan, semoga makalah yang kami buat dapat bermanfaat untuk kita semua.

Bantaeng, 6 November 2014









DAFTAR ISI
Kata Pengantar i
Daftar isi ii
BAB 1: PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang 2
B. Rumusan Masalah 3
C. Tujuan Penulisan 3
BAB 2 : HASIL WAWANCARA/OBSERVASI & PEMBAHASAN 4
A. Hasil Wawancara/Observasi 5
B. Pembahasan 7
BAB 3 : PENUTUP
A. Kesimpulan 8
B. Saran 8







BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Saat ini, teknologi semakin canggih dan perabot  rumah tangga pun beraneka ragam. terlebih dengan ibu-ibu yang berada di kalangan sosialita berlomba-lomba untuk membeli perabot rumah tangga yang canggih, meskipun dengan harga yang sangat fantastis.  Sebagian Ibu-ibu melakukan hal itu hanya untuk pamer karena ingin menjadi nomor satu diperbincangan teman-temannya pada saat ada acara arisan , tapi sebagian lagi menggunakan alat perabot yang canggih hanya sekadar untuk keperluan mereka sendiri. Anak-anak remaja pun terkadang ikut-ikutan, ingin membeli segala sesuatu yang baru dan bersifat modern kemudian memperlihatkannya ke teman-teman baik satu sekolahannya maupun di sekitar lingkungan. Seiring berjalannya waktu, barang-barang elektronik pun semakin banyak dan terus berkembang pesat serta beraneka ragam. Manusia pun selalu ingin memiliki sesuatu yang tidak ada habisnya sehingga dapat dikatakan bahwa manusia kurang bersyukur.
B. Rumusan Masalah
Melihat dari latar belakang masalah serta memahami pembahasannya maka kami dapat memberikan batasan-batasan pada masalah yang dibahas dalam penulisan makalah ini adalah :
1. Apa nama perusahaan yang diwawancarai?
2. Bagaimana sejarah dari perusahaan ORLANDO?
3. Bagaimana Pengalaman yang pernah dialami sejak bekerja di perusahaan ini?
C. Tujuan Penulisan
Tujuan daripada penulisan makalah ini adalah :
1. Mengetahui salah satu nama perusahaan yang menjual barang elektronik
2. Mengetahui sejarah dari perusahaan ORLANDO
3. Mengetahui Pengalaman yang dialami oleh karyawannya
BAB II
PEMBAHASAN
A. Hasil Wawancara/Observasi
Berikut hasil wawancara kami dengan salah seorang pegawai dari PT. Maulida Reski Utama (ORLANDO).
Pewawancara : Apa nama perusahaan bapak ini ?
Narasumber : Nama perusahaan kami ini adalah PT. Maulida Reski Utama (ORLANDO)
Pewawancara :Jenis produk apa saja yang ada di sini ?
Narasumber : Adik bisa lihat barang elektronik dan verniturnya diluar , ada televisi, kulkas, sprimbed, speaker, dll.
Pewawancara : Bagaimana sejarahnya sehingga usaha ini bisa berjalan terus?
Narasumber : Usaha ini bisa berjalan terus karena adanya konsumen atau pembeli yang berminat untuk memiliki barang yang kami sediakan, orang dari luar Bantaeng pun kadang ke perusahaan kami seperti dari Bulukumba dan Jeneponto.
Pewawancara : Berapa pekerja anda saat ini?
Narasumber : pekerja kami lumayan banyak, di bagian marketing terdiri dari 120 orang, di bagian staf terdiri dari 30 orang, dan di bagian sales 50 orang, jadil, totalnya, sekitar 200 orang.
Pewawancara : Apa yang menjadi sasaran anda ?
Narasumber : Yang menjadi sasaran kami adalah masyarakat dan ibu rumah tangga.
Pewawancara : Berapa biaya yang anda butuhkan untuk membangun perusahaan ini?
Narasumber : Untuk sewa gedung Rp. 85 juta/bulan , modal yang kami keluarkan sekitar Rp.200 juta.
Pewawancara : Sejak kapan mulai dibangun?
Narasumber : Perusahaan kami mulai beroperasi pada bulan November 2013
Pewawancara : Apa suka duka yang anda rasakan selama bekerja di sini?
Narasumber : Untuk sukanya, sering ketemu orang banyak, kebersamaan, dan kekeluargaan. Untuk dukanya, jika kekurangan pelanggan.
Pewawancara : Bagaimana dengan keuntungan dan kerugian yang anda alami?
Narasumber : keuntungan yang kami dapatkan ada pada labah sistem kredit, sedangkan kerugiannya jarang kami dapatkan.
Pewawancara : Berapa pendapatan anda perbulan?
Narasumber : pendapatan kami dalam satu bulan rata-rata 1,5 M



















B. Pembahasan
Sebuah perusahaan elektronik yang bernama PT. Maulida Reski Utama (ORLANDO) adalah perusahaan yang menjual alat-alat elektronik dan venitur seperti tv, kulkas, sprimbed, speaker, dan lain-lain. Berdirinya perusahaan tersebut  sampai sekarang karena banyaknya pembeli yang mengunjungi perusahaan tersebut dan masyarakat bantaeng, bulukumba, jeneponto masih membutuhkan alat-alat elektronik dan venitur yang kami jual diperusahaan ini. Perusahaan ini masih terbilang baru melakukan operasi penjualan karena perusahaan ini mulai beroperasi pada bulan November 2013, tetapi penghasilan dari penjualan alat-alat elektronik dan venitur ini sudah mencapai 1,5 M/bulan. Namun, mereka harus menyisihkan sebagian dari hasil penjualannya untuk membayar sewa dari gedung yang di tempati sebanyak 85 juta/3 tahun beserta gaji-gaji untuk karyawan yang bekerja di perusahaan itu. Alat-lat yang dijual diperusahaan ini ditujukan kepada masyarakat dan kepada ibu rumah tangga karena kebanyakan alat-alat elektonik merupakan perabot rumah tangga. Jumlah karyawan dibagian marketing  sebanyak 120 orang, di bagian staf 30 orang, dan tenaga sales yang digunakan sebanyak 50 orang. Jadi, jumlah keseluruhan karyawan yang bekerja diperusahaan tersebut sebanyak 200 orang. Suka duka yang mereka alami adalah sukanya sering ketemu orang banyak, kebersamaan, dan kekeluargaan. Sedangkan dukanya adalah kalau tidak ada pembeli, pemasukan akan berkurang. Keuntungan dari perusahaan ini adalah laba dari sistem kredit karena sistem keuntungan yang kita peroleh ada pada sistem kredit yang kami berlakukan dan dari  sistem kredit pun mereka dapat menghasilkan keuntungan yang sangat besar sedangkan kerugiannya sesuai dari hasil wawancara kami dengan salah seorang karyawan perusahaan tersebut mereka jarang mengalami kerugian, justru perusahaan mereka lebih banyak mengalami keuntungan.





BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
PT. Maulida Reski Utama (ORLANDO) mulai beroperasi pada bulan November 2013, dengan jumlah karyawan kurang lebih 200 orang, modal yang mereka keluarkan sekitar Rp. 200 juta dan saat ini perusahaan mereka berkembang dengan pesat sehingga pendapatan mereka mencapai Rp. 1,5 M/bulan. Bahkan, orang dari luar Bantaeng pun sering berkunjung dan membeli produk di perusahaan mereka.

B. Saran
Sebelum memulai usaha, kita perlu mengetahui hal-hal apa saja yang kita harus penuhi, begitu juga jika kita ingin melakukan wawancara, kita perlu menyiapkan segala sesuatu yang kita perlukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh makalah LAPORAN HASIL DISKUSI

MAKALAH SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI