MEMBANGUN PEREKONOMIAN MASYARAKAT

Assalamu alaikum...
Konten pertama saya ditahun ini membahas mengenai essay. Karena saat ini saya sudah dibangku kuliah, konten dari blog ini adalah tugas-tugas mata kuliahku. Cocok juga untuk pelajar kayak kalian.
Isi konten ini bukan untuk menjatuhkan siapapun. Konten saya kali ini berdasarkan hasil pengamatan dilingkungan saya sendiri.
MEMBANGUN PEREKONOMIAN MASYARAKAT
Sebagaimana yang kita ketahui bahwa masyarakat adalah kesatuan hidup manusia yang berinteraksi menurut suatu sistem adat istiadat tertentu yang bersifat kontinyu, dan yang terikat oleh suatu rasa identitas bersama. Kita disini merupakan masyarakat yang hidup di Indonesia, dimana Indonesia adalah negara kesatuan. Terdapat banyak ras, suku, budaya, dan bahasa. Sebagai masyarakat Indonesia, kita dituntut untuk selalu menjunjung tinggi nilai persatuan dan kesatuan dengan menghormati setiap suku yang ada.
Berbicara masyarakat di Indonesia, seperti yang kita ketahui bersama bahwa pertumbuhan penduduk setiap tahunnya selalu bertambah dan semakin banyak. Sementara negara ini masih dalam proses berkembang, sehingga perhatian pemerintah yang paling utama ialah masyarakat. Masyarakat Indonesia butuh perhatian lebih, kesejahteraan hidup hanya dapat diperoleh bagi orang-orang tertentu. Serta masyarakat yang berkekurangan, akan terus kekurangan, dalam artian Miskin.
Pengertian Kemiskinan adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan dasarnya seperti pangan, sandang, tempat tinggal, pendidikan, dan kesehatan yang layak.
Secara kuantitatif, kemiskinan merupakan suatu keadaan dimana taraf hidup manusia serba kekurangan atau tidak memiliki harta benda. Sedangkan secara kualitatif, pengertian kemiskinan adalah keadaan hidup manusia yang tidak layak.
Kemiskinan sangat berhubungan dengan masalah kesejahteraan masyarakat dan menjadi tingkat minimum yang didapatkan berdasarkan standar hidup masyarakat di suatu negara. Kemiskinan sudah menjadi masalah global, dimana setiap negara memiliki anggota masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan.
Kemiskinan itu sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, namun saya akan fokus pada  Kemiskinan Absolut. Jenis kemiskinan ini adalah bentuk kemiskinan dimana seseorang/ keluarga memiliki penghasilan di bawah standar kelayakan atau di bawah garis kemiskinan. Pendapatannya tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan pangan, sandang, papan, pendidikan, dan kesehatan atau dikenal juga dengan masyarakat kurang mampu. Keadaan ini butuh perhatian, butuh perubahan yang lebih baik.
       Negara yang berkembang dalam pembangunannya, membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat diandalkan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2017, jumlah penduduk Indonesia yaitu, berjumlah 261 juta jiwa dan akan bertambah setiap tahunnya. Pertambahan jumlah penduduk menjadi salah satu masalah di Indonesia sekarang ini, diantaranya: 1) Laju pertumbuhan dan jumlah penduduk relative tinggi; 2) Persebaran penduduk tidak merata 3) Tingginya angka beban tanggungan; 4) Kualitas penduduk relative rendah, sehingga mengakibatkan tingkat produktivitas penduduk rendah; 5) Angka kemiskinan dan pengangguran relatif tinggi 6) rendahnya pendapatan perkapita.
Menurut saya, penduduk yang berada digaris kemiskinan, perlu perubahan. Butuh dorongan motivasi dan bantuan pemerintah.
Pemerintah saat ini sudah bekerja keras, dengan memberikan bantuan PKH. Namun, bantuan ini masih disalah gunakan oleh penerimanya. Mungkin mereka butuh pelatihan agar mampu mengelola bantuan tersebut.
Bantuan lain ada modal usaha KUR dari BRI, saya rasa ini lebih maju karena masyarakat paham bahwa mereka meminjam. Sehingga mereka melakukan usaha untuk membayar pinjaman yang nantinya akan menjadi dampak positif terhadap kehidupan perekonomian selanjutnya.
Adapun solusi lain, yaitu peningkatan kualitas pendidikan bagi seluruh anak Indonesia, Biaya sekolah yang harus ditangani oleh pemerintah, sehingga tak membebani mereka yang kurang mampu.
Cerdas bersosial media. Tak bisa dipungkiri bahwa android adalah kebutuhan saat ini. Mari menggunakan sosial media dengan bijak. Manfaatkan sosial media untuk belajar atau menjadi penjual online. Memulai hal kecil untuk hasil yang besar.
Saya sendiri sebagai generasi muda saat ini, selalu mencari hal-hal positif yang mampu memberi efek  lebih baik pada perekonomian saya ke depannya, salah satunya jualan online dan hadirnya seminar-seminar workshop yang selalu memberi motivasi membangun.



NAMA : AYU FITRIAH MAGFIRA
JURUSAN : ILMU EKONOMI 017
FAKULTAS : EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
UIN ALAUDDIN MAKASSAR

Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh makalah LAPORAN HASIL DISKUSI

hasil wawancara/observasi toko elektronik

MAKALAH SISTEM INFORMASI DAN KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI